Selain puasa Senin dan Kamis adalagi satu puasa sunnah yang tidak kalah bobot amalnya yaitu puasa tiga hari setiap bulan. Tiga hari berpuasa dari 30 hari setiap bulannya tidak terlalu berat, enteng ! Tetapi pahalanya coba simak hadits tersebut dibawah ini:
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-’Ash radhiyallahu ‘anhu dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Berpuasa tiga hari setiap bulan seperti berpuasa setahun penuh.
Hadits yang agung ini menunjukkan anjuran berpuasa tiga hari setiap bulan, baik itu di awal bulan, di pertengahan, atau di akhirnya, dan boleh dilakukan tiga hari berturut-turut atau terpisah.
Yang paling utama puasa tiga hari ini dilakukan pada hari-hari bidh (putih/terang, yaitu tanggal 13,14 dan 15 setiap bulan (hijriyah),[10] karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memerintahkan hal ini secara khusus dalam hadits yang shahih.
Hadits ini juga menunjukkan keutamaan amal ibadah yang dikerjakan secara kontinyu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Amal (ibadah) yang paling dicintai Allah adalah amal yang paling kontinyu dikerjakan meskipun sedikit.
Nah, perlu dicoba.

0 Komentar