Dalam menjalani kehidupan kita harus bekerja mencari nafkah. Kita bisa membuat pekerjaan menjadi "enteng" dengan didasari keikhlasan dan tanggung jawab yang besar. Tak kalah pentingnya adalah menjalani pekerjaan tersebut dengan pengertian bahwa "kerja adalah ibadah".
Kerja adalah ibadah merupakan kalimat yang sering kita dengar, dan tentunya anda juga setuju. Kerja adalah perwujudan konkret dari rasa syukur seorang hamba terhadap potensi amaliah yang dia miliki. Jadi kalau ada seseorang yang semangat bekerja, mencari nafkah halal untuk keluarga, tentu perlu diacungi jempol.
”Maka apabila telah dilaksanakan shalat, bertebaranlah kam di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (Q.S. Al-Jumu’ah (62): 10)
Diriwayatkan dari Al Miqdam ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “tidak ada makanan yang lebih baik bagi seseorang kecuali makanan yang ia peroleh dari uang hasil keringatnya sendiri. Nabi Allah, Daud as. , makan dari hasil kerjanya sendiri”
Nilai ibadah tersebut diatas akan hilang kalau kita bekerja saking semangatnya sehingga  mengabaikan kewajiban-kewajiban syariat Islam yang lain seperti sholat fardhu di masjid, puasa, dll.


0 Komentar