Gempa bumi Yogyakarta Mei 2006 adalah peristiwa gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. United States Geological Survey melaporkan bahwa gempa terjadi sebesar 6,2 pada skala Richter.
Setelah gempa, ada berita yang benar-benar mengejutkan dengan adanya tsunami dilaut selatan Parangtritis. Orang-orang sangat panik pada  berlari, naik sepeda motor/mobil  dari selatan menuju keutara sambil teriak-teriak: " Lari-lari !! air sudah sampai di Jalan Parangtritis !!". 
Penjaga gudang tempat saya kerja di jalan Parangtritis, namanya mbah Mugi, dengan sangat tenang tetap berada dihalaman gudang, meskipun orang-orang yang lewat teriak-teriak untuk mengajak lari. Mbah Mugi dengan sangat enteng menjawab "Mlayuo, aku tak neng kene wae" (Silahkan lari, saya disini saja !). Mbah Mugi sambil memegang parang mendekati pohon pisang, dengan asumsi kalau air/tsunami betul-betul datang, dia akan menebang pohon pisang dan menaikinya. Otaknya memang cemerlang meskipun cuma penjaga gudang tapi sangat enteng dalam menghadapi kepanikan.

0 Komentar