Menjalankan sholat fardhu (shubuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya') dengan berjamaah dimasjid, kalau kita niati dengan sungguh-sungguh sebenarnya sangatlah enteng. Berikut adalah kiat-kiat yang mungkin akan membantu anda pada kewajiban tersebut diatas :
1.Berniat sungguh-sungguh dan memohon pertolongan dari Allah Ta'ala agar diberi kemudahan/keringanan untuk dapat berjamaah di masjid.
2.Sholat berjamaah hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitan, jadi sehari semalam hanya butuh waktu 1,5 jam, bandingkan dengan kegiatan-kegitan yang lain seperti bekerja, nonton TV, melamun, dll. So, gunakanlah waktu yang sedikit tersebut untuk mendapatkan pahala yang lebih besar (pasti anda ingat dengan hukum ekonomi, sedikit pengeluaran hasil melimpah).
3.Menejemen waktu amat sangat mendukung untuk terlaksananya sholat berjamaah di masjid. Atur waktu anda dengan sebaik-baiknya dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat (nonton TV, ngobrol apalagi ngrasani orang, melamun/memble, dll). Istirahatlah yang cukup dan jangan banyak bergadang (kecuali yang dapat jatah ronda kampung).
4.Ingat sebuah Hadits ini : dari Ibnu Abbas, dari Nabi SAW: “Barangsiapa mendengar adzan, lalu dia tidak mendatanginya, maka tidak (sempurna) shalat baginya kecuali ada halangan”. (HR Ibnu Majah no 793 dan lainnya).
5.Dengan berjamah di masjid kita akan ketemu dengan banyak orang (tetangga, saudara, dll). Kita manusia kan makhluk sosial, jadi gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya untuk dapat bersilaturrahim dengan mereka (pasti nilai pahala kita akan bertambah, pahala sholat jamaah+silaturrahim). 

0 Komentar