Perlu diingat, gizi yang masuk dalam tubuh harus diupayakan selalu cukup. Hanya kalori yang dikurangi. Konsumsi nasi yang biasanya 3 kali sehari menjadi hanya 2 kali sehari.
 
Saat sahur, usahakan makanan empat sehat lima sempurna dapat tersaji di meja makan. Makan dengan sayur dan lauk-pauk yang lengkap akan dapat menunjang gizi yang baik selama puasa berlangsung.

Biasakan makan satu buah-buahan berukuran sedang ketika sahur, misalnya jeruk, pisang, atau apel. Minum susu segelas dan tambahkan juga 1-2 gelas air putih agar di siang hari tidak dehidrasi.

Sayuran yang berkuah sangat dianjurkan sehingga bisa menambah asupan cairan. Sayuran bersantan juga baik dikonsumsi saat sahur karena santan dapat meningkatkan asupan kalori.

Saat berbuka, bisa diawali dengan yang manis-manis, seperti kurma, kolak pisang, atau cocktail. Setelah itu, dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah.

Makanan untuk berbuka sebaiknya disantap sesudah Maghrib dan sebelum shalat tarawih. Kalau makan harus menunggu sehabis tarawih, biasanya kita jadi terlalu banyak makan cemilan antara Maghrib-Isya. Ini kurang sehat. - http://www.republika.co.id

0 Komentar