Kajian Manasik Haji (Lengkap)-Ustadz Luqman Baadbuh
Dalam kitab Shahih Muslim disebutkan, sesungguhnya Rasulullah SAW tinggal (di Madinah), tidak pergi haji selama sembilan tahun. Kemudian pada tahun kesepuluh diumumkan kepada halayak bahwa Rasulullah SAW akan berangkat melaksanakan haji. Datanglah ke Madinah manusia yang banyak, semuanya hendak mengikuti Nabi SAW dan mengerjakan seperti apa yang beliau kerjakannya.
Ketika Rasulullah dan rombongan tiba di Dzul Hulaifah, Asma binti Umaisy
melahirkan Muhammad bin Abi Bakar, kemudian Asma bertanya kepada Rasulullah,
“Apa yang harus aku lakukan?”
Beliau menjawab, “Mandilah
dan bercawatlah dengan kain (sebagai pembalut), kemudian berihramlah!”
Setelah itu beliau shalat di masjid dan menunggang Qashwa (unta beliau)
hingga apabila unta itu telah sampai di Baida’. Turunlah firman Allah SWT. Beliau
kemudian dikerumuni para sahabat dan rombongan haji. Kemudian beliau memulai
haji dengan talbiyah, “Labbaika
Allahumma labbaika, la syarika laka labbaika, innalhamda wanni’mata laka la
syarika laka (Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku
penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Segala
puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”
Manusia pun ikut bertalbiyah dengan talbiyah ini, yang mereka pakai
bertalbiyah. Rasulullah tidak pernah menambah sedikit pun talbiyah ini, beliau
terus mengulanginya.
Jabir RA berkata, “Kami tidak meniatkan kecuali haji, kami tidak mengenal
umrah hingga kami sampai di Ka’bah bersama beliau mengusap Hajar Aswad, beliau
(thawaf sambil) berlari-lari kecil pada tiga putaran pertama dan berjalan pada
empat putaran berikutnya, kemudian pergi ke Maqam Ibrahim dan membaca,“Wattakhizu
min maqami Ibrahima musholla, “… Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat
shalat…”(QS. Al-Baqarah: 125).
Beliau menjadikan Maqam Ibrahim berada antara beliau dan Ka’bah. Kemudian
beliau kembali mengusap Hajar Aswad. Setelah itu beliau menuju Shafa, ketika
dekat dengan Shafa beliau membaca, “Sesungguhnya
Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah…” (QS Al-Baqarah: 158).
Lalu berkata, “Aku
memulai dengan apa yang dimulai oleh Allah.”
Beliau pun memulai dari bukit Shafa, menanjakinya sampai beliau melihat
Ka’bah dan menghadap Kiblat, kemudian beliau mengucapkan kalimat tauhid kepada
Allah serta bertakbir, beliau berkata,”
“Tidak ada ilah yang
berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya.
Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala
sesuatu. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata.
Yang melaksanakan janji-Nya, membela hamba-Nya (Muhammad) dan mengalahkan
golongan musuh sendirian.”
Di sela-sela itu itu beliau berdoa dan mengulangi bacaan ini tiga kali,
kemudian beliau turun menuju Marwa hingga ketika kedua telapak kaki beliau
menginjak perut lembah beliau berlari-lari kecil. Ketika beliau mulai naik
menuju bukit Marwa beliau berjalan hingga sampai ke Marwa.
Di Marwa beliau mengerjakan seperti apa yang telah dikerjakan di Shafa,
hingga sa’i beliau berakhir di Marwa, beliau bersabda, “Seandainya aku mengetahui apa
yang aku ketahui sekarang, niscaya aku tidak akan membawa hewan sembelihan dan
akan aku jadikan hajiku sebagai umrah. Barangsiapa di antara kalian yang tidak
memiliki hewan kurban, hendaknya ia bertahallul dan menjadikan hajinya sebagai
umrah.”
Suraqah bin Malik bin Ju’syum berdiri dan bertanya, “Wahai Rasulullah,
apakah untuk tahun ini saja atau untuk selamanya?”
Kemudian beliau menjalin jari-jeraminya satu dengan yang lain dan
bersabda, “Telah
masuk umrah dalam haji.’ (Beliau mengulangnya dua kali) bahkan untuk selama-lamanya.”
Kemudian Ali datang dari Yaman membawa unta-unta Rasulullah SAW dan
menjumpai Fathimah termasuk orang-orang yang bertahallul, memakai pakaian yang
dicelup dan bercelak. “Ali pun mengingkari hal ini, Fathimah berkata,
“Sesungguhnya ayahku memerintahkanku untuk melakukan hal ini.”
Ketika di Irak, Ali berkata, “Kemudian aku pergi mengadukan apa yang
diperbuat oleh Fathimah kepada Rasulullah SAW, ia bertanya kepada beliau akan
apa yang diceritakan Fathimah tentang beliau. Aku juga menceritakan bahwa aku
telah mengingkari apa yang dikerjakan Fathimah ini.”
Beliau bersabda, “Ia
benar, ia benar. Apa yang engkau katakan ketika engkau mengerjakan haji?”
Ali menjawab, “Ya Rabb-ku, aku berihram dengan apa yang diihramkan oleh
Rasul-Mu.”
Rasulullah bersabda, “Aku
membawa hewan kurban, maka engkau jangan bertahallul.”
Hewan kurban yang terkumpul baik yang dibawa oleh Ali RA maupun yang
dibawa oleh Nabi SAW, sebanyak seratus ekor. Kemudian semua jamaah haji
bertahallul dan memendekkan (mencukur) rambut mereka kecuali Nabi SAW dan
orang-orang yang membawa hewan kurban.
Ketika tiba hari Tarwiyah, mereka semua berangkat menuju Mina, mereka
memulai manasik haji. Rasulullah SAW menaiki tunggangannya, kemudian (setelah
tiba beliau) mengimami mereka shalat Dzhuhur, Ashar, Maghrib, Isya, dan Subuh.
Setelah shalat Subuh beliau menunggu sebentar sampai terbit matahari,
beliau meminta didirikan kemah untuk beliau di Namirah. Rasulullah kemudian
mulai bertolak, orang-orang Quraisy tidak meragukan kecuali beliau berhenti di
Masy’aril Haram seperti yang dilakukan oleh orang-orang Quraisy pada zaman
jahiliyah, beliau telah melewati Mina dan menuju Arafah hingga ketika sampai di
(dekat) Arafah beliau mendapatkan kemahnya telah di pasang di Namirah. Beliau
pun singgah di tempat tersebut.
Ketika matahari telah tergelincir beliau memerintahkan agar untanya,
al-Qashwa, disiapkan. Beliau pergi ke tengah-tengah lembah dan berkhutbah di
tengah-tengah manusia. Beliau bersabda, “Sesungguhnya
darah dan harta kalian haram atas kalian seperti keharaman hari ini, bulan ini
dan negeri kalian ini. Ketahuilah sesungguhnya segala macam perbuatan jahiliyah
(yang telah lalu pada masa jahiliyah) di bawah kedua telapak kakiku telah
dilupakan (tidak dihukum). Darah (pembunuhan) jahiliyah (yang telah lalu pada
masa jahiliyah) telah dilupakan (tidak dihukum). Darah (pembunuhan) pertama
yang dilupakan (tidak dihukum) dari darah-darah kita adalah darah Ibnu Rabi’ah
bin Al-Harits. Dia mencari perempuan yang menyusuinya dari Bani Laits, tetapi
perempuan itu dibunuh oleh Hudzail.
Riba jahiliyah (yang telah lalu pada masa jahiliyyah) telah
dilarang. Riba pertama yang dihapuskan adalah riba Abbas bin Abdil Muththalib.
Bertakwalah kepada Allah mengenai (hak-hak) wanita. Sesungguhnya kalian telah
mengambil mereka dengan amanah dari Allah dan kehormatan mereka menjadi halal
bagimu dengan kalimat Allah.
Hakmu atas mereka adalah mereka tidak boleh mengizinkan orang
yang kalian benci menginjakkan kaki di rumah kalian, apabila mereka mengerjakan
hal ini pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakiti. Hak mereka yang
menjadi kewajibanmu adalah memberi mereka nafkah dan pakaian yang pantas.
Aku telah meninggalkan di tengah-tengah kalian sesuatu yang
apabila kalian ber-pegang teguh kepadanya kalian tidak akan tersesat; Kitabullah
dan Sunnah Rasulullah. Dan kalian akan ditanya tentang aku, apakah yang akan
kalian katakan?”
Para sahabat menjawab, “Kami bersaksi bahwasanya engkau telah menyampaikan
(risalah Rabb-mu), engkau telah menunaikan (amanah) dan telah menasehati
(umat).”
Kemudian Rasulullah SAW bersabda sambil mengacungkan telunjuk ke langit
kemudian mengarahkannya ke khalayak, “Ya
Allah, saksikanlah! Ya Allah, saksikanlah! Ya Allah, saksikanlah!”
Setelah adzan dan iqamat beliau shalat Dzuhur, kemudian iqamat dan shalat
Ashar (qashar dengan jamak taqdim). Beliau tidak melakukan shalat apa pun lagi
di antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan menuju ke tempat wukuf.
Beliau merapatkan perut untanya (Al-Qashwa) ke batu-batu besar. Beliau berhenti
di jalan besar dan menghadap kiblat.
Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, rona kuning sedikit demi
sedikit mulai menghilang dan matahari benar-benar tenggelam. Beliau membonceng
Usamah di belakang, kemudian mulai bertolak. Beliau mengencangkan kendali
untanya sampai-sampai kepala unta itu menyentuh tempat duduk kendaraan. Beliau
memberi isyarat dengan tangan kanannya sambil bersabda, “Wahai sekalian manusia,
tetaplah tenang, tetaplah tenang.”
Beliau mengendorkan tali kekang untanya sedikit demi sedikit hingga unta
itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Muzdalifah beliau shalat Maghrib dan
Isya dengan satu kali adzan dan dua kali iqamat (qashar dengan jamak ta’hir),
beliau tidak membaca tasbih apa pun di antara keduanya. Kemudian beliau
berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat Subuh ketika waktu Shubuh sudah
tampak jelas dengan sekali adzan dan iqamat.
Setelah itu beliau berangkat dengan untanya, hingga ketika sampai di
Masy’aril Haram beliau menghadap Kiblat, lalu membaca doa, takbir dan tahlil
kepada Allah. Beliau tetap berada di situ hingga terang benderang, lalu beliau
bertolak sebelum matahari tebit. Beliau membonceng Fadhl bin Abbas.
Setibanya di Jumrah dekat pohon, beliau melempar tujuh kali dengan
batu-batu kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu
ukurannya sebesar kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah itu.
Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan. Rasulullah menyembelih 63 hewan
sembelihan dengan tangannya sendiri. Setelah itu, beliau memberi sisanya kepada
Ali dan beliau menyertakan Ali dalam sembelihan tersebut.
Beliau kemudian memerintahkan agar mengambil sedikit dari setiap
hewan-hewan sembelihan itu, kemudian dimasukkan dalam satu panci dan dimasak.
Mereka berdua pun makan daging tersebut dan minum kuahnya.
Rasulullah kemudian menaiki kendaraan menuju Baitullah (Ka’bah) untuk
thawaf Ifadhah dan beliau shalat Dzuhur di Makkah. Beliau juga mendatangi Bani
Abdil Muththalib yang tengah memberi air minum dari air zamzam dan bersabda, “Timbalah air, wahai Bani Abdil
Muththalib. Seandainya aku tidak khawatir manusia akan mengalahkan kalian dalam
usaha mengambil air ini, niscaya aku akan ikut mengambil air bersama kalian.”
Mereka pun menyodorkan kepada Rasulullah SAW setimba air dan beliau pun
meminum air tersebut.
Redaktur: Chairul Akhmad
Sumber: Disarikan dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz karya Syekh Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, Edisi Indonesia Panduan Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA – Jakarta, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir.
Sumber: Disarikan dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz karya Syekh Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, Edisi Indonesia Panduan Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA – Jakarta, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir.
0 Komentar