Kiat2 Mengapai Kekushukan Dalam Ibadah-Ust Abu Haidar
Matan Ushul Tsalatsah (Tiga
Landasan Dalam Agama)
Imam Al Mujadid Syaikh Muhammad
bin Abdul Wahab
Pendahuluan
Saudaraku, semoga Allah
senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada anda.
Ketahuilah, bahwa wajib bagi kita untuk mendalami empat masalah, yaitu :
Ketahuilah, bahwa wajib bagi kita untuk mendalami empat masalah, yaitu :
1. Ilmu, yaitu mengenal Allah, mengenal Nabi-Nya dan mengenal agama Islam
berdasarkan dalil-dalilnya.
2. Amal, yaitu menerapkan ilmu ini.
3. Berdakwah, mengajak orang lain kepada ilmu ini.
4. Sabar, yaitu tabah dan tangguh dalam mengahadapi segala rintangan dalam menuntut ilmu, mengamalkannya dan berdakwah kepadanya
2. Amal, yaitu menerapkan ilmu ini.
3. Berdakwah, mengajak orang lain kepada ilmu ini.
4. Sabar, yaitu tabah dan tangguh dalam mengahadapi segala rintangan dalam menuntut ilmu, mengamalkannya dan berdakwah kepadanya
Dalilnya, firman Allah Ta’ala :
“Demi masa. Sesungguhya setiap manusia
benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, melakukan
segala amal shaleh dan saling nasehat-menasehati untuk (menegakkan) yang haq,
serta
nasehat-menasehati untuk (berlaku) sabar.” (Surat al-‘Ashr : 1-3).
nasehat-menasehati untuk (berlaku) sabar.” (Surat al-‘Ashr : 1-3).
Imam Asy-Syafi’i [1]
Rahimahullahu Ta’ala, mengatakan :
“Seandainya
Allah hanya menurunkan surat ini saja sebagai hujjah buat makhlukNya, tanpa
hujjah lain, sungguh telah cukup surat ini sebagai hujjah bagi mereka.”
Dan Imam Al-Bukhari [2]
Rahimahullahu Ta’ala, mengatakan pada
: “Bab : ilmu didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan.
: “Bab : ilmu didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan.
Dalilnya firman Allah Ta’ala :
“Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tiada
sesembahan (yang haq) selain Allah dan mohonlah ampunan atas
dosamu.” (QS. Muhammad: 19).
dosamu.” (QS. Muhammad: 19).
Dalam ayat ini, Allah
memerintahkan terlebih dahulu untuk berilmu (berpengetahuan) [3]… Sebelum
ucapan dan perbuatan.
Pengamalan Tiga Perkara
Saudaraku, semoga Allah
senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada anda.
Dan ketahuilah, bahwa wajib bagi setiap muslim dan muslimah untuk mempelajari dan mengamalkan ketiga perkara ini:
Dan ketahuilah, bahwa wajib bagi setiap muslim dan muslimah untuk mempelajari dan mengamalkan ketiga perkara ini:
1. Bahwa Allah-lah yang
menciptakan kita dan memberi rizki kepada kita. Allah tidak membiarkan kita
begitu saja dalam kebingungan, tetapi mengutus kepada kita seorang Rasul ; maka
barangsiapa mentaati Rasul tersebut pasti akan masuk Jannah (Surga), dan barangsiapa
menentangnya pasti akan masuk neraka.
Allah Ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya Kami telah mengutus kepada kamu
seorang Rasul yang menjadi saksi terhadapmu,
sebagaimana Kami telah mengutus kapada fir’aun seorang Rasul, tetapi fir’aun mendurhakai Rasul itu, maka
kami siksa ia dengan siksaan yang berat.” (QS. Al-Muzammil: 15-16).
sebagaimana Kami telah mengutus kapada fir’aun seorang Rasul, tetapi fir’aun mendurhakai Rasul itu, maka
kami siksa ia dengan siksaan yang berat.” (QS. Al-Muzammil: 15-16).
2. Bahwa Allah tidak rela, jika
dalam ibadah yang ditujukan kepadaNya, Dia dipersekutukan dengan sesuatu
apapun, baik dengan seorang malaikat yang terdekat atau dengan seorang Nabi
yang diutus menjadi Rasul.
Firman Allah Ta’ala :
“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu kepunyaan
Allah, karena itu janganlah kamu menyembah seorangpun
di dalamnya di samping (menyenbah) Allah.” (QS. Al-Jin : 18).
di dalamnya di samping (menyenbah) Allah.” (QS. Al-Jin : 18).
3. Bahwa barangsiapa yang
mentaati Rasulullah serta mentauhidkan Allah, tidak boleh bersahabat dengan
orang-orang yang memusuhi Allah dan Rasulnya, sekalipun mereka itu keluarga
terdekat.
Allah Ta’ala berfirman :
“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang
beriman kepada Allah dan hari Akhirat, saling berkasih sayang dengan
orang-orang yang memusuhi Allah dan Rasulnya, sekalipun orang-orang itu
bapak-bapak, atau anak-anak, atau saudara- saudara ataupun keluarga mereka.
Mereka itulah orang-orang yang Allah telah memantapkan keimanan dalam hati mereka
dan menguatkan mereka dengan pertolongan dariNya. Dan
mereka akan dimasukkanNya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepadaNya. Mereka itulah golongan Allah.
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung.” (Surat al- Mujdalah: 22).
mereka akan dimasukkanNya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepadaNya. Mereka itulah golongan Allah.
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah golongan yang beruntung.” (Surat al- Mujdalah: 22).
Tiga Landasan Utama
Saudaraku, semoga Allah
membimbing anda untuk taat kepadanya.
Ketahuilah bahwa Islam yang merupakan tuntunan Nabi Ibrahim adalah ibadah kepada Allah semata dengan memurnikan ibadah kepadaNya, itulah yang diperintahkan Allah kepada seluruh ummat manusia dan hanya untuk
itu sebenarnya mereka diciptakan, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
Ketahuilah bahwa Islam yang merupakan tuntunan Nabi Ibrahim adalah ibadah kepada Allah semata dengan memurnikan ibadah kepadaNya, itulah yang diperintahkan Allah kepada seluruh ummat manusia dan hanya untuk
itu sebenarnya mereka diciptakan, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia
melainkan untuk beribadah kepadaku.” (QS. Az-Zariyat : 56).
Ibadah, dalam ayat ini, artinya
: Tauhid. Dan perintah Allah yang paling agung adalah tauhid, yaitu memurnikan
ibadah untuk Allah semata-mata. Sedang larangan Allah yang paling besar adalah
syirik, yaitu : menyembah selain Allah di samping menyembahNya.
Allah Ta’ala berfirman :
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu
mempersekutukan sesuatu denganNya.” (QS. An-nisa : 36).
Kemudian apabila anda ditanya :
apakah tiga landasan utama yang wajib diketahui oleh manusia? Maka hendaklah
anda jawab :
yaitu mengenal Tuhan Allah Azza wa Jalla, mengenal agama Islam, dan mengenal Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
yaitu mengenal Tuhan Allah Azza wa Jalla, mengenal agama Islam, dan mengenal Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
BAB 1: Mengenal Allah Azza wa Jalla
Apabila anda ditanya : siapakah
Tuhanmu? Maka katakanlah: Tuhanku adalah Allah yang telah memelihara diriku dan
memelihara semesta alam ini dengan segala ni’mat yang dikaruniakannya. Dan
Dialah sembahanku, tiada
bagiku sesembahan yang haq selain Dia.
bagiku sesembahan yang haq selain Dia.
Allah Ta’ala berfirman:
“Segala puji hanya milik Allah Pemelihara
semesta alam.” (QS. Al-fatihah : 1).
Semua yang ada selain Allah
disebut alam, dan aku adalah bagian dari semesta alam ini.
Selanjutnya, jika anda ditanya
: melalui apa anda mengenal Tuhan? Maka hendaklah anda jawab: melalui
tanda-tanda kekuasaan-Nya dan melalui ciptaan-Nya. Diantara tanda-tanda
kekuasaan-Nya ialah : malam, siang, matahari dan bulan. Sedang diantara
ciptaan-Nya ialah : tujuh langit dan tujuh bumi beserta segala makhluk yang ada
di langit dan di bumi serta yang ada di antara keduanya.
Allah berfirman
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah
malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah kamu bersujud kepada matahari dan
janganlah (pula kamu bersujud) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah
yang menciptakannya, jika kamu banar-benar hanya kepadanya beribadah.” (QS. Fushshilat : 37).
Dan firmanNya:
“Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah
menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas
‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang, senantiasa mengikutinya dengan
cepat. Dan Dia (ciptakan pula) matahari dan bulan serta bintang-bintang (semuanya) tunduk kepada perintah-Nya. Ketahuilah hanya hak Allah mencipta dan memerintah itu. Maha suci Allah Tuhan semesta alam.” (Surat Al-A’raf : 54).
cepat. Dan Dia (ciptakan pula) matahari dan bulan serta bintang-bintang (semuanya) tunduk kepada perintah-Nya. Ketahuilah hanya hak Allah mencipta dan memerintah itu. Maha suci Allah Tuhan semesta alam.” (Surat Al-A’raf : 54).
Tuhan inilah yang haq untuk
disembah.
Dalilnya, firman Allah Ta’ala:
Dalilnya, firman Allah Ta’ala:
“Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah
menciptakan kamu dan orang- orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa. (Robb)
yang telah menjadikan untukmu bumi ini sebagai hamparan dan langit sebagai
atap, serta menurunkan (hujan) dari langit, lalu dengan air itu Dia
menghasilkan segala buah-buahan sebagai rizki untukmu. Karena itu, janganlah
kamu mengangkat sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (Surat Al-Baqarah: 21-22).
Ibnu katsir [4] Rahimahullahu
Ta’ala, mengatakan: ”Hanya pencipta segala sesuatu yang ada inilah yang berhak
dengan segala macam ibadah [5]. Dan macam-macam ibadah yang diperintahkan Allah
itu, antara lain: Islam [6],
Iman, Ihsan, do’a, khauf (takut), raja’ (pengharapan), tawakkal, raghbah (penuh minat), rahbah (cemas), khusyu’ (tunduk), khasyyah (takut), inabah (kembali kepada Allah), isti’anah (memohon pertolongan), isti’azah (memohon perlindungan), istighatsah (memohon pertolongan untuk dimenangkan atau diselamatkan), dzabh (menyembelih), nazar, dan macam-macam ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allah.
Iman, Ihsan, do’a, khauf (takut), raja’ (pengharapan), tawakkal, raghbah (penuh minat), rahbah (cemas), khusyu’ (tunduk), khasyyah (takut), inabah (kembali kepada Allah), isti’anah (memohon pertolongan), isti’azah (memohon perlindungan), istighatsah (memohon pertolongan untuk dimenangkan atau diselamatkan), dzabh (menyembelih), nazar, dan macam-macam ibadah lainnya yang diperintahkan oleh Allah.
Allah Subahanahu waTa’ala
berfirman:
“Dan sesungguhnya masji-masjid itu adalah
kepunyaan Allah, karena itu, janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya
di samping (menyembah Allah).” (QS. Al-Jin: 18).”
Karena itu, barangsiapa yang
menyelewengkan ibadah tersebut untuk selain Allah, maka ia adalah musyrik dan
kafir.
Firman Allah Ta’ala:
“Dan barangsiapa menyembah sesembahan yang lain
di samping (menyembah) Allah, padahal tidak ada satu dalilpun baginya tentang
itu, maka benar-benar balasannya ada pada Tuhannya. Sungguh tiada beruntung
orang-orang kafir itu.” (QS. Al-Mu’minun: 117).
Dalil Macam-Macam Ibadah
1. Dalil do’a.
Allah berfirman,
“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdo’alah kamu kepadaku niscaya akan Ku
perkenankan bagimu’. Sesungguhnya, orang-orang yang enggan untuk beibadah kepadaKu pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60).
“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdo’alah kamu kepadaku niscaya akan Ku
perkenankan bagimu’. Sesungguhnya, orang-orang yang enggan untuk beibadah kepadaKu pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina.” (QS. Ghafir: 60).
Dan diriwayatkan dalam hadits:
Do’a itu adalah sari ibadah “
. [7]
. [7]
2. Dalil khauf (takut).
Allah berfirman,
“Maka janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu,
jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. Ali Imran: 175).
“Maka janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu,
jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. Ali Imran: 175).
3. Dalil Raja’ (pengharapan).
Allah berfirman
“Untuk itu, barangsiapa yang mengharap
perjumpaan dengan Robbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal shaleh dan
janganlah mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Robb-Nya.” (QS. Al-Kahfi: 110).
4. Dalil Tawakkal (berserah diri).
Allah berfirman
“Dan hanya kepada Allah-lah kamu betawakkal,
jika kamu benar-banar orang yang beriman.” (QS. Al-Maidah : 23). Dan firmannya:
“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah maka Dialah Yang Mencukupinya.” (QS. Ath-Thalaq : 3).
5. Dalil Raghbah (penuh minat), rahbah (cemas) dan khusyu’ (tunduk).
5. Dalil Raghbah (penuh minat), rahbah (cemas) dan khusyu’ (tunduk).
Allah berfirman
“Sesungguhnya mereka itu senantiasa berlomba-lomba dalam (mengerjakan) kebaikan-kebaikan serta mereka berdo’a kepada Kami
dengan penuh minat (kepada rahmat Kami) dan cemas (akan siksa Kami), sedang mereka itu selalu tunduk hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’ : 90).
“Sesungguhnya mereka itu senantiasa berlomba-lomba dalam (mengerjakan) kebaikan-kebaikan serta mereka berdo’a kepada Kami
dengan penuh minat (kepada rahmat Kami) dan cemas (akan siksa Kami), sedang mereka itu selalu tunduk hanya kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’ : 90).
6. Dalil khasy-yah (takut).
Allah berfirman
“Maka janganlah kamu takut kepada mereka,
tetapi takutlah kepada-
Ku.” (QS. Al- Baqarah : 150).
Ku.” (QS. Al- Baqarah : 150).
7. Dalil inabah (kembali kepada Allah).
Allah berfirman
“Dan kembalilah kepada Robb kalian serta
berserah dirilah kepada-Nya (dengan mentaati perintah-Nya) sebelum datang azab
kepadamu, kemudian kamu tidak dapat tertolong lagi.” (QS. Az-Zumar : 54).
8. Dalil isti’anah (memohon pertolongan).
8. Dalil isti’anah (memohon pertolongan).
Allah berfirman
“Hanya kepada Engkau-lah kami beribadah dan
hanya kepada Engkau-lah kami memohon pertolongan.” (QS. Al-Fatihah : 4).
Dan diriwayatkan dalam hadits:
“Apabila kamu mohon pertolongan, maka memohonlah pertolongan kepada Allah” . [8]
“Apabila kamu mohon pertolongan, maka memohonlah pertolongan kepada Allah” . [8]
9. Dalil isti’adzah (memohon perlindungan).
Allah berfirman
“Katakanlah : Aku berlindung kepada Robb Yang
Menguasai subuh.” (QS. Al-Falaq : 1).
Dan firmanNya:
“Katakanlah : ‘Aku berlindung kepada Robb
Manusia, Penguasa manusia.” (QS. An- Nas : 1-2).
10. Dalil istighatsah (memohon pertolongan
untuk dimenangkan atau diselamatkan).
Allah berfirman
“(Ingatlah) tatkala kamu memohon pertolongan
kepada Robb kalian untuk dimenangkan (atas kaum musyrikin), lalu
diperkenankan-Nya bagimu.” (QS. Al-Anfal : 9).
11. Dalil dzabh (menyembelih).
Allah berfirman
“Katakanlah : ‘Sesunggunya shalatku,
sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Robb semesta alam, tiada
sesuatupun sekutu bagi-Nya. Demikianlah yang diperintahkan kepadaku dan aku
adalah orang-orang yang pertama kali berserah diri (kepadanya).” (QS. Al-An’am: 162-163).
Dan dalil dari sunnah:
“Allah melaknat orang yang menyembelih (binatang) bukan karena Allah” . [9]
“Allah melaknat orang yang menyembelih (binatang) bukan karena Allah” . [9]
12. Dalil nadzar.
Allah berfirman
“Mereka menunaikan nadzar dan takut akan suatu
hari yang siksaannya merata di mana-mana.” (QS. Al-Insan : 7).
BAB 2: Mengenal Islam
Islam, ialah berserah diri
kepada Allah dengan tauhid dan tunduk kepada-Nya dengan penuh kepatuhan pada
segala perintah-Nya serta menyelamatkan diri dari perbuatan syirik dan
orang-orang yang berbuat syirik.
Dan agama Islam, dalam
pengertian tersebut mempunyai tiga tingkatan, yaitu : Islam, Iman danIhsan; masing-masing tingkatan ada rukun-rukunnya.
Rukun Islam
Adapun tingkatan Islam,
rukunnya ada lima:
(1) Syahadat (pengakuan dengan hati dan lisan) bahwa : “Laa Ilaaha Illallaah –
Muhammad Rasulullah” (Tiada sesembahan yang haq selain Allah dan Muhammad
adalah utusan Allah)
(2) Mendirikan shalat
(3) Menunaikan zakat
(4) Puasa pada bulan Ramadhan dan
(5) Haji ke Baitullah Al-Haram.
(2) Mendirikan shalat
(3) Menunaikan zakat
(4) Puasa pada bulan Ramadhan dan
(5) Haji ke Baitullah Al-Haram.
1. Dalil syahadat
“Allah menyatakan bahwa tiada sesembahan (yang
haq) selain Dia, dengan senantiasa menegakkan keadilan. (juga menyatakan yang demikian itu) para
Malaikat dan orang-orang yang berilmu. Tiada sesembahan (yang
haq) selain dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali-Imran : 18).
haq) selain dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali-Imran : 18).
“Laa Ilaaha Illallah”, artinya
: tiada sesembahan yang haq selain Allah.
Tafsir makna syahadat tersebut
diperjelas oleh firman Allah Ta’ala:
“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kepada kaumnya : ‘Sesungguhnya
aku menyatakan lapas diri dari segala yang kamu sembah, kecuali Tuhan yang telah menciptakanku,
kerena sesungguhnya Dia akan memberiku petunjuk. ‘Dan (Ibrohim) mejadikan kalimat tauhid itu kalimat
yang kekal pada keturunannya supaya mereka senantiasa kembali (kepada tauhid).” (QS. Az-Zukhruf : 26-28).
Dan firman Allah Ta’ala:
“Katakanlah (Muhammad) : ‘Hai Ahli Kitab!
Marilah kamu kepada suatu kalimat yang tidak ada perselisihan antara kami dan
kamu, yaitu : hendaklah kita tidak menyembah selain Allah dan tidak mempersekutukan sesuatu apapun dengan-Nya
serta janganlah sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah’. Jika mereka
berpaling, maka katakanlah kepada mereka : ‘Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang muslim
(menyerah diri kepada Allah).” (QS. Ali Imran : 64).
Adapun dalil syahadat bahwa
Muhammad itu Rasulullah, adalah firman Allah Ta’ala:
“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kalangan kamu
sendiri, terasa berat olehnya penderitaanmu, sangat mengiginkan (keimanan dan keselamatan) untukmu,
amat belas kasih lagi penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah : 128).
Syahadat bahwa Muhammad adalah
Rasulullah, berarti :
mentaati apa yang diperintahkannya,
membenarkan
apa yang diberitakannya, menjauhi apa yang dilarang serta dicegahnya, dan beribadah kepada Allah dengan apa yang disyariatkannya.
apa yang diberitakannya, menjauhi apa yang dilarang serta dicegahnya, dan beribadah kepada Allah dengan apa yang disyariatkannya.
2. Dalil shalat, zakat dan tafsir kalimat
tauhid
Allah berfirman
“Padahal mereka tidaklah diperintahkan kecuali
supaya beribadah kepada Allah, dengan memurnikan ketaatan kapada-Nya lagi
bersikap lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat serta mengeluarkan zakat.
Demikian itulah tuntunan agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah : 5).
3. Dalil Shiyam/Puasa
Allah berfirman
”Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan
kepada kamu untuk melakukan shiyam, sebagaimana telah diwajibkan kapada
orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 183).
4. Dalil Haji
Allah berfirman
“Dan hanya untuk Allah, wajib bagi manusia
melakukan haji, yaitu (bagi) orang yang mampumengadakan perjalanan ke
Baitullah. Dan barangsiapa yang mengingkari (kewajiban haji), makasesungguhnya
Allah Maha Kaya (tidak memerlukan) semesta alam.” (QS. Ali Imran : 97).
Rukun Iman
Iman itu lebih dari tujuh puluh
cabang. Cabang yang paling tinggi ialah syahadat. “ La Ilaha Illallah”, sedang
cabang yang paling rendah ialah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan sifat
malu adalah salah satu cabangnya iman. Rukun iman ada enam yaitu
(1) Iman kepada Allah
(2) Iman kepada para Malaikat-Nya
(3) Iman kepada kitab-kitab-Nya
(4) Iman kepada para Rasul-Nya
(5) Iman kepada hari akhirat, dan
(6)Iman kepada qadar [10] , yang baik maupun yang buruk.
(2) Iman kepada para Malaikat-Nya
(3) Iman kepada kitab-kitab-Nya
(4) Iman kepada para Rasul-Nya
(5) Iman kepada hari akhirat, dan
(6)Iman kepada qadar [10] , yang baik maupun yang buruk.
Dalil ke enam rukun ini, firman
Allah Ta’ala:
“Berbakti (dan beriman) itu bukanlah sekedar
menghadapkan wajahmu (dalam shalat) ke arah timur dan barat, tetapi berbakti
(dan beriman) yang sebenarnya ialah iman seseorang kepada Allah, hari akhirat,
para malaikat, kitab-kitab dan Nabi- Nabi…” (QS. Al-Baqarah : 177).
Dan firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya segala sesuatu telah Kami
ciptakan sesuai dengan qadar.” (QS. Al- Qamar : 49).
Ihsan
Ihsan, rukunnya hanya satu,
yaitu:
“Beribadahlah kepada Allah dalam keadaan
seakan-akan kamu melihatNya. Jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia
melihatmu.” . [11].
Dalilnya, firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya Allah besama orang-orang yang
bertakwa dan orang-orang yangberbuat ihsan.” (QS. An-Nahl : 128 )
“Dan bertawakkallah kepada (Allah) Yang Maha
Perkasa lagi Maha Penyayang, Yang melihatmu ketika kamu berdiri (untuk shalat) dan (melihat) perubahan
gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha
Mengetehui.” (QS. Asy-syuaraa’ : 217-220).
“Dalam keadaan apapun kamu berada, dan (ayat)
apapun dari Al-Qur’an yang kamu baca, serta pekerjaan apapun yang kamu
kerjakan, tidak lain kami adalah menjadi saksi atasmu di waktu kamu
melakukannya…”. (QS. Yunus : 61).
Adapun dalilnya dari sunnah,
ialah hadits Jibril [12] yang masyhur, yang diriwayatkan dari Umar bin
Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu:
Dari Umar radhiallahu anhu juga dia berkata :
Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) seraya berkata: “ Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?”, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu “, kemudian dia berkata: “ anda benar “. Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: “ Beritahukan aku tentang Iman “. Lalu beliau bersabda: “ Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk “, kemudian dia berkata: “ anda benar“. Kemudian dia berkata lagi: “ Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau” . Kemudian dia berkata: “ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)”. Beliau bersabda: “ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya “. Dia berkata: “ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya “, beliau bersabda: “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya “, kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukah engkau siapa yang bertanya ?”. aku berkata: “ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui “. Beliau bersabda:“ Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian “. (Riwayat Muslim)
Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam) seraya berkata: “ Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?”, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu “, kemudian dia berkata: “ anda benar “. Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: “ Beritahukan aku tentang Iman “. Lalu beliau bersabda: “ Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk “, kemudian dia berkata: “ anda benar“. Kemudian dia berkata lagi: “ Beritahukan aku tentang ihsan “. Lalu beliau bersabda: “ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau” . Kemudian dia berkata: “ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)”. Beliau bersabda: “ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya “. Dia berkata: “ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya “, beliau bersabda: “ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya “, kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: “ Tahukah engkau siapa yang bertanya ?”. aku berkata: “ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui “. Beliau bersabda:“ Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian “. (Riwayat Muslim)
BAB 3: Mengenal Nabi Muhammad
Shallallahu’alaihi wasallam
Beliau adalah Muhammad bin
Abdullah, bin Abdul Mutthalib, bin Hasyim. Hasyim adalah termasuk suku Quraisy,
suku Quraisy termasuk bangsa Arab, sedang bangsa Arab termasuk keturunan Nabi
Ismail, putera Nabi Ibarahim Al-Khalil. Semoga Allah melimpahkan kepadanya dan
kepada Nabi kita sebaik-baik shalawat dan salam. Beliau berumar 63 tahun;
diantaranya 40 tahun sebelum beliau menjadi Nabi dan 23 tahun sebagai Nabi
serta Rasul.
Beliau diangkat sebagai Nabi dengan “Iqra” [yakni Surat Al 'Alaq ayat 1-5] dan diangkat sebagai Rasul dengan Surat “Al- Mudatssir.
Beliau diangkat sebagai Nabi dengan “Iqra” [yakni Surat Al 'Alaq ayat 1-5] dan diangkat sebagai Rasul dengan Surat “Al- Mudatssir.
Tempat asal beliau adalah
Makkah. Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan peringatan untuk menjauhi
syirik dan mengajak kepada tauhid.
Firman Allah Ta’ala:
“Wahai orang yang berselimut! Bangunlah, lalu
sampaikanlah peringatan. Agungkanlah Robbmu. Sucikanlah pakaianmu.
Tinggalkanlah berhala-berhala itu. Dan janganlah kamu memberi, sedang kamu
menginginkan balasan yang lebih banyak. Serta bersabarlah untuk (memenuhi
perintah) Tuhanmu.” (QS. Al- Mudatstsir : 1-7)
Kewajiban Hijrah
Hijrah, pengertiannya, ialah:
pindah dari lingkungan syirik ke lingkungan Islami. Hijrah ini merupakan
kewajiban yang harus dilaksanakan umat Islam. Dan kewajiban tersebut hukumnya
tetap berlaku sampai hari kiamat. Dalil yang menunjukkan kewajiban hijrah, yaitu
firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan oleh malaikat dalam keadaan zhalim terhadap diri
mereka sendiri [13], kepada mereka malaikat bertanya : ‘Dalam keadaan bagaimana kamu ini? Mereka menjawab :
‘Kami adalah orang-orang yang tertindas di negeri (Makkah)’. Para malaikat berkata : ‘Bukankah bumi Allah
itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah (kemana saja) di bumi ini?. Maka mereka itu tempat tinggalnya neraka
jahannam dan jahannam itu adalah seburuk-buruk tempat kembali. Akan tetapi orang-orang yang tertindas diantara
mereka, seperti kaum lelaki dan wanita serta anak-anak yang mereka itu dalam keadaan tidak mampu
menyelamatkan diri dan tidak mengetahui jalan (untuk hijrah), maka mudah- mudahan Allah memaafkan mereka. Dan Allah
adalah Maha Pema’af lagi Maha Pengampun.” (QS. An-Nisa’ : 97-99)
Dan firman Allah Ta’ala:
“Wahai hamba-hambaku yang beriman!
Sesungguhnya, bumi-Ku adalah luas, maka hanya kepadaKu saja supaya kamu
beribadah.” (QS. Al-Ankabut : 56).
Al Baghawi [14] Rahimahullah,
berkata :
“Ayat ini, sebab turunnya, adalah ditujukan kepada orang-orang muslim yang masih berada di Makkah, yang mereka itu belum juga berhijrah. Karena itu, Allah menyeru kepada mereka dengan sebutan orang- orang yang beriman.”
“Ayat ini, sebab turunnya, adalah ditujukan kepada orang-orang muslim yang masih berada di Makkah, yang mereka itu belum juga berhijrah. Karena itu, Allah menyeru kepada mereka dengan sebutan orang- orang yang beriman.”
Adapun dalil dari sunnah yang
menunjukkah kewajiban hijrah, yaitu sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam:
“Hijrah tetap akan berlangsung selama pintu
taubat belum ditutup, sedang pintu taubat tidak akan ditutup sebelum matahari
terbit dari barat.” (HR. Imam Ahmad dalam Al-Musnad, jilid 4, hal. 99. Abu Dawud dalam
Sunan-
nya, kitab Al-Jihad, bab 2, dan Ad-Darimi dalam Sunan-nya, kitab As-Sam, bab 70).
nya, kitab Al-Jihad, bab 2, dan Ad-Darimi dalam Sunan-nya, kitab As-Sam, bab 70).
Setelah Nabi Muhammad
Shallallahu ‘alaihi wa sallam menetap di Madinah, disyari’atkan kepada beliau
zakat, puasa, haji, adzan, jihad, amar ma’ruf dan nahi mungkar serta
syari’at-syari’at Islam lainnya. Beliau pun melaksanakan perintah untuk
menyampaikan hal ini dengan tekun dan gigih selama sepuluh tahun. Sesudah itu
wafatlah beliau, sedang agamanya tetap dalam keadaan lestari.
Inilah agama yang beliau bawa.
Tiada suatu kebaikan yang tidak beliau tunjukkan kepada umatnya. Dan tiada
suatu keburukan yang tidak beliau peringatkan supaya dijauhi. Kebaikan yang
beliau tunjukkan ialah tauhid serta segala yang dicintai dan diridhai Allah;
sedang keburukan yang beliau peringatkan supaya dijauhi ialah syirik serta
segala yang dibenci dan dimurkai Allah.
Mengimani Kematian dan Kebangkitan
Adapun dalil yang menunnjukkan
bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga wafat, ialah firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya
mereka pun akan mati (pula). Kemudian sesungguhnya kamu
nanti pada hari Kiamat berbantah-bantahan di hadapan Tuhanmu.” (QS. Az-Zumar : 30-31).
nanti pada hari Kiamat berbantah-bantahan di hadapan Tuhanmu.” (QS. Az-Zumar : 30-31).
Nabi Muhammad Shallallahu
‘alaihi wa sallam diutus oleh Allah kepada seluruh umat manusia, dan diwajibkan
kepada seluruh jin dan manusia untuk mentaatinya.
Allah Ta’ala berfirman:
“Katakanlah : ‘Wahai manusia, sesungguhnya aku
adalah utusan Allah kepada kamu semua.” (QS. Al-A’raf : 158).
Dan melalui beliau, Allah telah
menyempurnakan agama-Nya untuk kita. Firman Allah Ta’ala:
“Pada hari ini [15], telah aku sempurnakan
untukmu agamamu dan Aku lengkapkan kepadamu ni’matKu serta aku ridhai Islam itu
menjadi agama bagimu.” (QS. Al- Ma’idah : 3).
Manusia sesudah mati akan
dibangkitkan kembali. Dalilnya, firman Allah Ta’ala:
“Berasal dari tanahlah kamu telah kami jadikan
dan kepadanya kamu kami kembalikan, serta darinya kamu akan kami bangkitkan
sekali lagi.”
(QS. Thaha : 55).
(QS. Thaha : 55).
Dan firman Allah Ta’ala:
“Dan Allah telah menunbuhkan kamu dari tanah
dengan sebaik-baiknya, kemudian Dia mengembalikan kamu kedalamnya (lagi) dan
(pada hari kiamat) Dia akan mengeluarkan kamu dengan sebenar-benarnya.” (QS. Nuh : 17-18).
Setelah manusia dibangkitkan,
mereka akan dihisab dan diberi balasan sesuai dengan perbuatan mereka. Firman
Allah Ta’ala:
“Dan hanya kepunyaan Allah apa yang ada di
langit dan apa yang ada di bumi, supaya Dia memberi balasan kepada orang-orang
yang berbuat buruk sesuai dengan perbuatan mereka dan memberi balasan kepada
orang-orang yang berbuat baik dengan (pahala) yang lebih baik lagi (surga).” ( QS. An-Najm : 31).
Barangsiapa yang tidak
mengimani kebangkitan ini, maka dia adalah kafir. Firman Allah Ta’ala:
“Orang-orang yang kafir mengatakan bahwa mereka
tidak akan dibangkitkan. Katakan : ‘tidaklah demikian. Demi Robbku, kamu pasti
akan dibangkitkan dan niscaya akan diberitakan kepadamu apapun yang telah kamu
kerjakan. Yang demikian itu adalah amat mudah bagi Allah.” (QS. At-Taghabun : 7).
Hikmah Diutusnya Para Nabi dan Rasul
Allah telah mengutus semua
Rasul sebagai pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan.
Sebagaimana firman Allah
Ta’ala:
“(Kami telah mengutus) Rasul-rasul mejadi
penyampai kabar gembira dan
pemberi peringatan, supaya tiada lagi suatu alasan bagi mausia membantah Allah setelah (diutusnya) para Rasul itu.” (QS. An-Nisa’ : 165).
pemberi peringatan, supaya tiada lagi suatu alasan bagi mausia membantah Allah setelah (diutusnya) para Rasul itu.” (QS. An-Nisa’ : 165).
Rasul pertama adalah Nabi Nuh
‘alaihis salam, dan Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa
sallam, serta beliaulah penutup para Nabi.
[Selain dalil dari Al Qur’an
yang disebutkan penulis, yang menunjukkan bahwa Nabi Nuh adalah Rasul pertama,
disana ada juga hadis shahih yang menyetakan bahwa Nabi Nuh adalah rasul
pertama yang diutus kepada penduduk bumi ini, seperti hadits riwayat Al-bukhari
dalam shohih nya, kitab Al-Anbiya’, bab 3, dan riwayat Muslim dalam shahihnya,
kitab Al-Iman bab 84. Adapun Nabi Adam ‘alaihis salam, menurut sebuah hadits
yang diriwayatkan dari Abu Dzar al-ghifari, beliau adalah nabi pertama. Dan
disebutkan dalam hadits ini bahwa jumlah para Nabi ada 124 ribu orang, dari
jumlah tersebut sebagai Rasul 315 orang, dan dalam riwayat lain disebutkan
lebih dari 312 orang. Lihat: Imam Ahmad, Al-Musnad, jilid 5, hal, 178, 179 dan
265]
Dalil yang meunjukkan bahwa
Rasul pertama adalah Nabi Nuh, firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya Kami mewahuyukan kepadamu
(Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan para Nabi
sesudahnya…” (QS. An-nisa’ :163)
Dan Allah telah mengutus kepada
setiap umat seorang Rasul, mulai dari Nabi Nuh sampai Nabi Muhammad, dengan
memerintahkan kepada mereka untuk beribadah kepada Allah semata dan melarang
mereka beribadah kepada thaghut. Allah Ta’ala berfirman:
“Dan sesungguhnya, Kami telah mengutus kepada
setiap ummat seorang Rasul (untuk menyerukan) : Beribadahlah kepada Allah
(saja) dan jauhilah thaghut itu.” (QS. An-Nahl :36).
Dengan demikian, Allah telah
mewajibkan kepada seluruh hamba-Nya supaya bersikap kafir kepada thaghut dan
hanya beriman kepada-Nya saja.
Ingkar Kepada Thaghut
Ibnu Al-Qayyim [16]
Rahimahullah Ta’ala telah menjelaskan pengertian thaghut dengan mengatakan:
“Thaghut, ialah segala sesuatu yang diperlakukan menusia secara melampaui batas
(yang telah ditentukan oleh Allah), seperti dengan disembah, atau diikuti, atau
dipatuhi.”
Thaghut itu banyak macamnya,
tokoh-tokohnya ada lima:
1. Iblis, yang telah dilaknat oleh Allah,
2. Orang yang disembah, sedang ia sendiri rela,
3. Orang yang mengajak manusia untuk menyembah dirinya,
4. Orang yang mengaku tahu sesuatu yang ghaib,
5. Orang yang memutuskan sesuatu tanpa berdasarkan hukum yang telah diturunkan oleh Allah.
2. Orang yang disembah, sedang ia sendiri rela,
3. Orang yang mengajak manusia untuk menyembah dirinya,
4. Orang yang mengaku tahu sesuatu yang ghaib,
5. Orang yang memutuskan sesuatu tanpa berdasarkan hukum yang telah diturunkan oleh Allah.
Allah Ta’ala berfirman:
“Tiada paksaan dalam (memeluk) agama ini.
Sungguh telah jelas kebenaran dari kesesatan. Untuk itu, barangsiapa yang
ingkar kepada thaghut dan iman kepada Allah, maka dia benar-benar telah
berpegang teguh dengan tali yang amat kuat, yang tidak akan terputus tali itu.
Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah ; 256).
Ingkar kepada semua thaghut dan
iman kepada Allah saja, sebagaimana dinyatakan dalam ayat tadi, adalah hakekat
syahadat “La Ilaha Illallah”.
syahadat “La Ilaha Illallah”.
Dan diriwayatkan dalam hadits,
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Pokok agama ini adalah Islam [17], dan
tiangnya adalah shalat, sedang ujung tulang punggungnya adalah jihad fi
sabilillah” [18].
Wallahu a’lam. Hanya Allahlah
yang Maha Tahu. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan Allah kepada
Nabi Muhammad, kepada keluarga dan para sahabatnya.
————————-oo))((oo—————————
(1). Abu Abdillah:
Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syafi’i Al- Hasyimi Al-Qurasyi
Al-Mutthalibi (150-204H = 767-
820M). Salah seorang imam empat. Dilahirkan di ghaza (Palestina) dan meninggal di Cairo. Diantara karya ilmiahnya : Al- Um, Ar-Risalah dan
Al-Musnad.
(2). Abu Abdillah: Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al-Bukhari (194-256H = 810-870M). Seorang ulama ahli Hadits,
untuk mengumpulkan hadits, ia telah menempuh parjalanan panjang; mengunjungi khurasan, Irak, Mesir, dan syam. Kitab-kitab yang disusunnya
antara lain: Al-Jami’ Ash-Shahih (yang lebih dikenal dengan Shaihih Al-Bukhari), At-Taarikh, Adhu’afa’, Khalq af’al Al-Ibad.
(3) Al-Bukhari dalam Shahihnya, kitab Al-Ilm, bab 10
(4) Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anul Azhim, (Cairo: Maktabah Dar At-Turats, 1400 H), jilid 1 hal, 57.
(5) Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anul Azhim, (Cairo: Maktabah Dar At-turats, 1400 H), jilid 1 hal, 57.
(6) Islam, yang dimaksud disini, adalah: syahadat, shalat, shiyam, zakat dan haji.
(7) Hadits riwayat At-Tirmidzi dalam Al-Jami’ Ash-Shahih, kitab Da’awat, bab 1. Dan maksud hadis ini: bahwa segala macam ibadah, baik
yang umum maupun yang khusus, yang dilakukan seorang mu’min, seperti: mencari nafkah yang halal untuk keluarga, menyantuni anak yatim
dll. Semestinya diiringi dengan permohonan ridha Allah dan pengharapan balasan ukhrawi. Oleh karena itu do’a (permohonan dan pengharapan
tersebut) disebut oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai sari atau otak ibadah, karena senantiasa harus mengiringi gerak ibadah.
(8) Hadits riwayat At-Tirmidzi dalam Al-Jami’ Ash-Shohih, kitab syafaat Al-Qiyamah War-Raqoiq Wal-Wara’, bab 59. dan riwayat Imam
Ahmad Musnad (Beirut; Al- Maktab Al-Islami, 1403 H), jillid 1, hal, 293, 303, 307
(9) Hadits riwayat Muslim dalam Shohihnya, kitab Al-Adhahi, bab 8. dan riwyat Imam Ahmad dalam Al-Musnad, jilid 1, hal. 108 dan 152.
(10) Abu Abdillah: Muhammad bin Abu Bakar, bin Ayyub, bin Said, Az-Zur’i, Ad-Dimasqi, terkenal dengan Ibnu Al-Qayyim Al-
Jauziyyah (691-751H = 1292-1350M). Seorang ulama yang giat dan gigih dalam mengajak umat Islam pada zamannya untuk kembali kepada
tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah serta mengikuti jejak para Salaf Shalih. Mempunyai banyak karya tulis, antara lain: Madaarij As-Salikin, Zaad
Al-Ma’aad, Thariiq Al-Hijratain wa Baab As-Sa’aadatain, At-Tibyaan fi Aqwaam Al-Qur’aan, Miftah Daar As-Sa’aadah.
(11) Pengertian Ihsan tersebut merupakan penggalan dari hadits Jibril yang dituturkan oleh Umar bin Al-Khattab radiallohu’anhu, sebagaimana akan disebutkan.
(12) Disebutkan hadits Jibril, karena Jibrillah yang datang kepada Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam dengan menanyakan kepada beliau tentang Islam, Iman, Ihsan dan masalah hari kiamat. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pelajaran kepada kaum muslimin tentang masalah-masalah agama.
(13) Yang dimaksud dengan zhalim terhadap diri mereka sendiri dalam ayat ini, ialah orang-orang penduduk Makkah yang sudah masuk Islam
tetapi mereka tidak mau hijrah bersama Nabi, padahal mereka mampu dan sanggup. Mereka ditindas dan di paksa oleh orang-orang kafir supaya
ikut bersama mereka pergi ke perang badar, akhirnya ada diantara mereka yang terbunuh.
(14) Abu Muhammad: Al-Husain bin Mas’ud bin Muhammad Al-Farra’, atau Ibnu Al- Farra’, Al-Baghawi (436-510 H = 1044-1117 M).
Seorang ahli dalam bidang fiqh, hadits dan tafsir. Diantara karyanya : At-Tahdzib (fiqh), Syarh As-Sunnah (hadits), Lubab At-Tawil fi ma’alim
at-tanzil (tafsir).
(15) Maksudnya, adalah hari Jum’at ketika wuquf di Arafah, pada waktu haji Wada’.
(16) Abu Abdillah: Muhamad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad Az-zur’i Ad- Dimasyqi, terkenal dengan Ibnu Al-Qayyim atau Ibnu
Qayim al-Jauziyah (691-751 H = 1292-1350 M). Seorang ulama yang giat dan gigih dalam mengajak umat Islam pada zamannya untuk kembali
kepada tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah serta mengikuti jejak para salafus shalih. Mempunyai banyak karya tulis, antara lain : Madarij-assalikin,
Zaad Al-Ma’ad, Thariq Al-Hijratain wa Baab As-Sa’adatain, At- tibyan fi Aqsam Al-Qur’an, Miftah Dar As-sa’adah.
(17) Silahkan melihat kembali pengertian Islam yang disebutkan oleh penulis.
820M). Salah seorang imam empat. Dilahirkan di ghaza (Palestina) dan meninggal di Cairo. Diantara karya ilmiahnya : Al- Um, Ar-Risalah dan
Al-Musnad.
(2). Abu Abdillah: Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al-Bukhari (194-256H = 810-870M). Seorang ulama ahli Hadits,
untuk mengumpulkan hadits, ia telah menempuh parjalanan panjang; mengunjungi khurasan, Irak, Mesir, dan syam. Kitab-kitab yang disusunnya
antara lain: Al-Jami’ Ash-Shahih (yang lebih dikenal dengan Shaihih Al-Bukhari), At-Taarikh, Adhu’afa’, Khalq af’al Al-Ibad.
(3) Al-Bukhari dalam Shahihnya, kitab Al-Ilm, bab 10
(4) Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anul Azhim, (Cairo: Maktabah Dar At-Turats, 1400 H), jilid 1 hal, 57.
(5) Lihat Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anul Azhim, (Cairo: Maktabah Dar At-turats, 1400 H), jilid 1 hal, 57.
(6) Islam, yang dimaksud disini, adalah: syahadat, shalat, shiyam, zakat dan haji.
(7) Hadits riwayat At-Tirmidzi dalam Al-Jami’ Ash-Shahih, kitab Da’awat, bab 1. Dan maksud hadis ini: bahwa segala macam ibadah, baik
yang umum maupun yang khusus, yang dilakukan seorang mu’min, seperti: mencari nafkah yang halal untuk keluarga, menyantuni anak yatim
dll. Semestinya diiringi dengan permohonan ridha Allah dan pengharapan balasan ukhrawi. Oleh karena itu do’a (permohonan dan pengharapan
tersebut) disebut oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai sari atau otak ibadah, karena senantiasa harus mengiringi gerak ibadah.
(8) Hadits riwayat At-Tirmidzi dalam Al-Jami’ Ash-Shohih, kitab syafaat Al-Qiyamah War-Raqoiq Wal-Wara’, bab 59. dan riwayat Imam
Ahmad Musnad (Beirut; Al- Maktab Al-Islami, 1403 H), jillid 1, hal, 293, 303, 307
(9) Hadits riwayat Muslim dalam Shohihnya, kitab Al-Adhahi, bab 8. dan riwyat Imam Ahmad dalam Al-Musnad, jilid 1, hal. 108 dan 152.
(10) Abu Abdillah: Muhammad bin Abu Bakar, bin Ayyub, bin Said, Az-Zur’i, Ad-Dimasqi, terkenal dengan Ibnu Al-Qayyim Al-
Jauziyyah (691-751H = 1292-1350M). Seorang ulama yang giat dan gigih dalam mengajak umat Islam pada zamannya untuk kembali kepada
tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah serta mengikuti jejak para Salaf Shalih. Mempunyai banyak karya tulis, antara lain: Madaarij As-Salikin, Zaad
Al-Ma’aad, Thariiq Al-Hijratain wa Baab As-Sa’aadatain, At-Tibyaan fi Aqwaam Al-Qur’aan, Miftah Daar As-Sa’aadah.
(11) Pengertian Ihsan tersebut merupakan penggalan dari hadits Jibril yang dituturkan oleh Umar bin Al-Khattab radiallohu’anhu, sebagaimana akan disebutkan.
(12) Disebutkan hadits Jibril, karena Jibrillah yang datang kepada Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam dengan menanyakan kepada beliau tentang Islam, Iman, Ihsan dan masalah hari kiamat. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pelajaran kepada kaum muslimin tentang masalah-masalah agama.
(13) Yang dimaksud dengan zhalim terhadap diri mereka sendiri dalam ayat ini, ialah orang-orang penduduk Makkah yang sudah masuk Islam
tetapi mereka tidak mau hijrah bersama Nabi, padahal mereka mampu dan sanggup. Mereka ditindas dan di paksa oleh orang-orang kafir supaya
ikut bersama mereka pergi ke perang badar, akhirnya ada diantara mereka yang terbunuh.
(14) Abu Muhammad: Al-Husain bin Mas’ud bin Muhammad Al-Farra’, atau Ibnu Al- Farra’, Al-Baghawi (436-510 H = 1044-1117 M).
Seorang ahli dalam bidang fiqh, hadits dan tafsir. Diantara karyanya : At-Tahdzib (fiqh), Syarh As-Sunnah (hadits), Lubab At-Tawil fi ma’alim
at-tanzil (tafsir).
(15) Maksudnya, adalah hari Jum’at ketika wuquf di Arafah, pada waktu haji Wada’.
(16) Abu Abdillah: Muhamad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad Az-zur’i Ad- Dimasyqi, terkenal dengan Ibnu Al-Qayyim atau Ibnu
Qayim al-Jauziyah (691-751 H = 1292-1350 M). Seorang ulama yang giat dan gigih dalam mengajak umat Islam pada zamannya untuk kembali
kepada tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah serta mengikuti jejak para salafus shalih. Mempunyai banyak karya tulis, antara lain : Madarij-assalikin,
Zaad Al-Ma’ad, Thariq Al-Hijratain wa Baab As-Sa’adatain, At- tibyan fi Aqsam Al-Qur’an, Miftah Dar As-sa’adah.
(17) Silahkan melihat kembali pengertian Islam yang disebutkan oleh penulis.
diambil dari Ebook: Matan Ushul
Tsalasah - al-jasary.blogspot.com
Compiled by Abu Hanifah Al Jasary/jalansunnahyanglurus
Compiled by Abu Hanifah Al Jasary/jalansunnahyanglurus
0 Komentar