Nikmat Rabb Yang Manakah Yang Kalian Dustakan ?

Di dalam al-Qur’an terdapat satu surat yang ayatnya sangat banyak diulang oleh Allâh Azza wa Jalla . Pengulangan tersebut memiliki makna yang sangat berarti. Surat itu adalah surat ar-Rahmân dan ayat yang banyak diulang adalah ayat:


Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua (jin dan manusia) dustakan?

Ayat ini diulang oleh Allâh Azza wa Jalla sebanyak 31 kali dalam surat ar-Rahmân. Biasanya sesuatu yang berulang lebih dari tiga kali tidak memiliki makna yang berarti, bahkan dianggap suatu yang tidak bagus di dalam ucapan orang Arab, kecuali seseorang bisa menyusunnya dengan baik dan sangat serasi, maka ucapan tersebut akan menjadi ucapan yang indah untuk didengar.

Keindahan susunan huruf-huruf, kesesuaian makna-makna dan keserasian lafaz-lafaznya membuat orang yang membaca dan mendengarkannya terkagum-kagum. Apabila dia adalah orang yang beriman, tentunya akan membuat hatinya bergetar, karena makna dan teguran Allâh Azza wa Jalla yang ada pada surat tersebut.

Firman Allâh Azza wa Jalla :


 Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?

Ayat ini diulang oleh Allâh Azza wa Jalla dalam surat ar-Rahmân sebanyak 31 kali, yaitu ayat-ayat nomor: 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75 dan 77.

“Maka nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian berdua dustakan?” maksudnya adalah wahai jin dan manusia! Nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan? Kenikmatan-kenikmatan tersebut sangat banyak, tidak dapat dinilai dan dihitung. Dan jawaban dari pertanyaan itu adalah “tidak ada sesuatu apapun dari kenikmatan-kenikmatan tersebut yang kami dustakan, dan untuk-Mu-lah segala pujian.”


0 Komentar