Warung Kopi Klotok Pakem, Yogyakarta – Sejauh apa pun kamu melangkah pergi, rumah akan selalu menjadi tempat yang dirindu. Bukan hanya rindu kepada orang-orangnya, namun juga rindu terhadap makanannya. Nah, jika kamu sedang pelesir ke Jogja dan rindu untuk menikmati makanan ala rumahan alias makanan ndeso, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Warung Kopi Klotok Pakem.

Meskipun bernama warung kopi klotok, warung makan yang mengusung konsep kampung ini tidak hanya menyediakan kopi. Justru menu yang paling digemari dan menjadikan keberadaan warung ini populer adalah sego jangan (nasi sayur). Warung Kopi Klotok menyediakan aneka sayur yang biasa dimasak oleh ibu di rumah, antara lain lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop ala ndeso. Selain itu ada juga lauk yang tak kalah ndesonya seperti pindang goreng, telur dadar, tempe garit, dan sambel dadak.

Pengunjung yang hendak makan di tempat ini bisa makan nasi dan sayur sepuasnya. Nambah berkali-kali juga boleh dan cukup membayar Rp 11.000. Sedangkan untuk lauk akan dihitung sendiri-sendiri. Menikmati hidangan ndeso di bangunan yang juga bergaya kampung lengkap dengan iringan  musik keroncong tentu aja menjadi kesan tersendiri. Apalagi lokasi bangunannya yang berada di pinggir sawah dan menghadap ke Gunung Merapi semakin menambah suasana perdesaan.

Jika kamu tak ingin makan berat, Warung Kopi Klotok Pakem memiliki satu snack andalan yakni pisang goreng. Entah bumbu apa yang digunakan untuk menggoreng pisang ini, yang jelas aroma dan rasa pisang kapok goreng di kopi klotok sungguh nikmat dan renyah. Sebagai teman makan pisang goreng, kamu bisa memilih kopi klotok, teh tubruk gula batu, atau wedang jahe gepuk. Dijamin kamu akan merasa lebih bahagia dibanding biasanya.
Warung Kopi Klotok ini rupanya sudah sangat populer. Hal ini ditandai dengan seringnya didatangi oleh tokoh-tokoh penting dan artis ibukota. Jika kamu penasaran dengan siapa saja yang pernah kesana, kamu bisa melihat nama dan tanda tangan mereka yang terpampang di pigura kaca.

Lokasi Warung Kopi Klotok Pakem
Warung Kopi Klotok Pakem terletak di Jalan Kaliurang Km 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Dari arah selatan (Jogja) kamu tinggal menyusuri jalan utama menuju Kaliurang. Sesampainya di Km 16, perhatikanlah penunjuk arah bertuliskan SMPN 3 Pakem. Nah, tepat di samping penanda arah tersebut silahkan belok kanan mengikuti jalan desa, Warung Kopi Klotok ada di ujung jalan menghadap ke arah utara. Wisatawan bisa mampir ke warung ini setelah berkunjung ke objek-objek wisata di kawasan Kaliurang seperti Museum Ullen SentaluMuseum Gunung MerapiTlogo Putri, atau objek wisata lainnya.


Jam Buka Warung Kopi Klotok Pakem
Warung makan ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 22.00 WIB. Jika kamu datang di jam makan siang, biasanya tempat ini akan sangat penuh dan antrian akan mengular hingga keluar. Harga makanan di tempat ini mulai dari Rp 1.000 – Rp 11.000.

(https://www.njogja.co.id)

0 Komentar